Bisnis Azaria Haram menjual produk murah dijual mahal

Bisnis Azaria Haram karena menjual barang murah dijual dengan harga mahal. Ada yang mengeluarkan pernyataan bahwa menjual produk murah dengan harga mahal adalah haram. Entah yang mengatakan siapa dan dengan dalil atau dasar apa mereka yang mengatakan itu. Namun saya tidak akan mencari tahu siapa yang mengatakan, mari kita coba telaah dengan logika yang ada. Jika barang murah dijual dengan harga mahal itu haram, maka :

  • Penjualan Sepeda Motor itu Haram
  • Penjualan Mobil itu Haram
  • Penjualan HP/Laptop itu Haram
  • Penjualan Elektronik itu Haram
  • Penjualan Makanan di Restoran Elite itu Haram
  • Penjualan Baju bermerk itu Haram
  • Penjualan Sepatu bermerk itu Haram
  • Penjualan Baju bermerk Haram
  • Penjualan Karya Seni Mahal itu Haram
  • dll masih banyak sekali contohnya

motorBenarkah seperti itu? Penjualan yang saya sebutkan diatas tadi semestinya juga haram donk, karena mereka menjual produk murah dengan harga mahal.
Contoh : Sepeda motor baru yang harga jualnya 15juta, jika dilihat dari bahan baku dan komponen bahan dasarnya ongkos produksi dll, hanya 7,5juta kluar dari pabrik. Itupun pabrik sudah ambil untung, lalu dari dealer dijual ke konsumen seharga 15Juta. Dan ini jelas membuat owner atau pemilik Dealer Kaya raya. Bukankah ini juga termasuk menjual barang murah dengan harga mahal? Tetapi kenapa tidak ada yang gembar gembor bahwa Bisnis Penjualan Sepeda Motor itu Haram? Bahkan malah sampai berpuluh puluh tahun masih beroperasi, semakin banyak dealer, dan semakin banyak orang kaya yang muncul dari bisnis Penjualan Motor.

Contoh yang lainnya juga Hampir sama, seperti Mobil, Elektronik, Baju, Sepatu, dll. Jika Anda sangat teliti, mereka juga menjual produk murah dijual dengan Harga lebih nahal, bisa sampai 200%-300% keuntungannya. Lalu apakah banyak juga yang koar koar bahwa bisnis baju, sepatu dan elektronik adalah Bisnis Haram? Padahal mereka jelas jelas menjual dengan Harga yang sangat lebih mahal. Dan melahirkan jutawan jutawan baru dari bisnis tersebut.

Satu lagi contoh yang sangat ekstrim.
karya-affandiSebuah lukisan karya salah seorang pelukis legendaris termahal Indonesia yaitu Affandi Koesoema, lukisannya yang berjudul “Bebotoh Ayam” menjadi salah satu lukisan termahal di Indonesia dengan harga sangat fantastis yaitu terjual dengan harga Rp. 4.000.000.000,- (Empat Milliar Rupiah). Harga yang sungguh sungguh sangat fantastis sekali. Jika kita lihat lukisannya pun sebagai orang awam, kita mungkin bisa menilai lukisan ini tidaklah bagus, tidak mirip dengan gambar atau foto yang bagus. Tetapi dijual dengan harga yang sangat mahal bahkan hingga ribuan persen harga jualnya jika dibandingkan dengan modalnya. Taruhkata modalnya hanya Kanvas, cat minyak, kuas, stand Kanvas, dan beberapa aksesoris lain, gak sampai 10juta kan modalnya? Tapi mari kita liat harganya yang diluar nalar bisa sampai 4M!

Mohon maaf sebelumnya bukan bermaksud menjelekkan karya seorang seniman, karena saya hanya orang awam yang hanya bisa menikmati karya seni yang bisa saya nikmati pada level saya. Karena saya yakin bahwa Affendi adalah seorang pelukis yang sangat terkenal dengan keahliannya bahkan sudah di akui oleh manca negara, pada level yang sangat tinggi. Ini hanya menganalogikan sebuah barang dengan biaya yang sangat murah dan dijual dengan harga yang sangat sangat tinggi. Sekali lagi apakah ada juga yang teriak teriak bahwa lukisan Affendi ini adalah sebuah Produk Haram? Gak ada kan selama ini yang ngomong lukisan ini Haram? Padahal sudah jelas jelas barangmurah dijual dengan harga yang sangat mahal.

Lalu ada yang mengatakan bahwa bisnis azaria adalah bisnis haram yang menjual barang murah dengan harga mahal. Ya semua jual beli pasti menjual dagangannya dengan harga yang lebih mahal, karena untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Tidak mungkin produk/barang/jasa dijual dengan harga yang sama tanpa ia berniat mendapatkan laba, kecuali jika niatnya memang hanya membantu atau sosial. Jual beli produk azaria sama dengan jual beli produk produk yang lain yang saya sebutkan diatas tadi seperti motor, mobil, elektronik, dll. Karena mereka pasti mengambil laba/untung untuk dibagikan kepada setiap pos pos distribusi mulai dari Pabrik – Distributor Tunggal – Distributor Propinsi – Distributor Wilayah – Agen – Grosir – Pengecer – Konsumen. Belum lagi ditambah untuk biaya iklan dan hadiah, pasti harganya lebih mahal lagi.

Justru jika di Azaria ini banyak kelebihannya :
Azaria jujur mengatakan berapa keuntungan yang akan didapatkan penjual. Jika menjual produk sepaket senilai 1,4jt, maka penjual akan mendapatkan komisi dari perusahaan sebesar 1juta. Azaria secara terang terangan mengatakan berapa keuntungan atau labanya. Jika kita membeli sepeda motor, apakah ada keterangan yang jelas dari dealer bahwa dealer dapat laba/untung berapa, sales dapat komisi berapa? Tidak kan…? Dan dasar hukum jual beli yang juga saya yakini adalah ayat berikut :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ إِلا أَنْ تَكُونَ تِجَارَةً عَنْ تَرَاضٍ مِنْكُمْ

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu”. (Q.S. An-Nisaa’: 29).

Yaitu suka sama suka, ikhlas sama ikhlas, ridho sama ridho. Ketika pembeli ridho membeli sepaket seharga 1,4jt, dan ikhlas jika penjual mendapatkan komisi 1jt dari pembelian dia, maka Penjualan itu sah adanya. Tetapi jika pembeli tidak suka produknya, maupun tidak suka jika penjual mendapatkan komisi 1jt, maka tidak sah, dan tidak terjadi jual beli.

Demikian penjelasan dari saya tentang Bisnis Azaria ini Haram ditinjau dari harga jual yang mahal dibanding harga modalnya. Penjelasan ini bukan bermaksud merubah pemiran Anda tentang Bisnis Azaria. Tetapi hanya memberika pengertian sesuai dengan ilmu yang kami miliki. Karena banya yang menanyakan kepada kami, baik itu yang sudah member, yang belum member, maupun yang haters. Masalah Haram dan halal nya bisnis ini kami kembalikan ke pribadi masing masing. Jika menurut Anda Haram, dan Anda merasa kurang yakin atau hanya setengah setengah, sebaiknya jangan Anda lanjutkan untuk berbisnis Azaria. Karena jika sebuah bisnis tidak Anda yakini 100% di bisnis apapun itu, bukan hanya di Bisnis Azaria saja, jika hati Anda merasa tidak yakin, dan tidak mantap, atau setengah setengah, maka bisa dipastikan bisnis Anda juga akan berjalan setengah setengah alias tidak akan bisa sukses 🙂

Salam Sukses 1Juta Berkali kali
Rina Azaria Top Leader
SMS/WA : 0858 54015949
BB : 589D59D0

Artikel Terkait:

Comments

comments

Chat WA 0858-5401-5949Invite BBM 589D59D0SMS 0858 5401 5949